Mengulas beberapa Karoseri, baik itu seputar body, mesin, trayek, sejarah atau kenangan bersama doi untuk menambah wawasan kita.
PO Baker,
Versi miniatur by: Kimiyanto Karoseri
Skala : 1: 20
Speck: Kayu Triplek, Akrilik, Pintu bisa buka
Lokasi : Yogyakarta
Baker, Kenangan Dalam Miniatur
Baker merupakan singkatan dari Badan Kerjasama Ekonomi Rakyat yang didirikan tahun 1950. Bus jenis ekonomi ini trayek awalnya yaitu Jogja-Godean, namun semakin lama berekspansi menambah trayek Jogja-Kaliurang, Jogja-Purwokerto, Jogja-Cilacap, dan terakhir Jogja-Solo.
Dari berbagai trayek Baker yang paling terkenal dan sudah jadi ikon Jogja adalah Trayek Jogja-Kaliurang dengan rute Terminal Umbulharjo (Sekarang XT Square) lalu finish di Terminal Tlogo Putri (Kaliurang). Dari beberapa pemain trayek Kaliurangan, Baker merupakan satu-satunya sosok Big Bus yang mendaki lereng Gunung Merapi.
Walau sekarang sudah tidak beroperasi namun sosok Bus Baker selalu ada di benak orang Jogja ketika menyebut jurusan kaliurangan tempo dulu, termasuk saya. Saya mengenal Baker mulai saya kecil sekitar tahun 1994-an sangat sering diajak orang tua saya, bahkan sosok pengemudinya masih ada dalam benak walau kala itu saya tak begitu mengenalnya. Kenangan paling berbekas dari sepak terjang Baker adalah sebuah “ganjal ban” dan jerigen. Ya, ketika rute mulai menanjak lereng Merapi tak jarang kernet selalu sigap dengan “ganjal ban” dari balok kayu ketika bus mulai kehilangan tenaga maupun ketika menurunkan penumpang ketika kondisi jalan naik tajam serta mengisi air radiator dengan jerigen dengan cara mengambil air di parit-parit sepanjang rute. Sangat disayangkan kenangan Baker tidak terdokumentasi bahkan foto referensi sangat minim.
Dari berbagai kenangan yang telah saya alami kemudian mencoba mewujudkan dalam sebuah miniatur dalam skala 1:20. Walau hampir tidak ada foto bus asli yang terdokumentasi, namun mulai dari Chassis serta Karoseri bukanlah spekulasi belaka, tetapi merupakan imajinasi atas apa yg saya alami dan saya lihat kala itu serta diperkuat dari berbagai cerita sesepuh tentang bus Baker.
Sekilas detail untuk miniatur bus Baker yaitu Chassis menggunakan Mercedes Benz seri OF1113 lansiran awal sekitar tahun 70-80n, yang merupakan Chassis bermesin depan penerus dari Mercedes Benz LP911. Chassis OF1113 dimotori oleh mesin OM352. Untuk dimensi panjang total untuk miniatur bus 1:20 jika dibandingkan dengan bus jaman sekarang MB OF1113 termasuk kategori pendek. Total panjang Chassis ini adalah 8,9 meter, jadi dalam miniatur 1:20 panjangnya pun tak sampai 50cm. Ya, termasuk sangat pendek untuk ukuran Big Bus jaman sekarang.
Untuk detail livery baker kaliurangan sangat khas dengan dasar putih berbalut warna biru dan biru muda serta pemanis garis kuning. Lanjut ke body saya ingat benar ada tulisan new armada, dan ternyata memang benar selain new armada Baker juga menggunakan karoseri Tugas Anda walau seiring waktu berjalan body sudah tidak original (di make over). Miniatur Baker saya menggunakan Body New Armada original tahun 1988, entah apa nama original body tersebut tapi orang kebanyakan menyebutnya body akuarium atau toples bahkan kapsul muka rata.
Sebuah miniatur Baker ini tidaklah sempurna bahkan masih banyak kekurangan di sana-sini, namun sebuah karya miniatur ini sudah mampu menghidupkan kembali dan menyentuh sisi-sisi kenangan baker masa kecil serta untuk menambah informasi ke generasi sekarang bahwa Baker pernah ada dengan gagah mendaki lereng salah satu gunung teraktiv di dunia, Gunung Merapi.
(Penulis: Kimiyanto)
Sumber : www.imotorium.com, www.isharyanto.wordpress.com
mantab min... dulu pake bus yang nomer brp min... ? ada nomor busnya di bagian blkang.. dulu ayah saya sopir kaliurangan juga.. pake nomer 7.. wkwk
BalasHapus