Langsung ke konten utama

RekreaSIS Gunung Kidul

Minggu, 22 Mei 2016 salah satu komunitas pecinta miniatur bis Indonesia yaitu Small is Sexy mengadakan sebuah acara rutin mereka, yaitu kopdar serentak. Yups, pada hari itu, kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Tulungagung, Lampung hingga Medan teman-teman yang tergabung dalam komunitas Small is Sexy atau SIS ini bersamaan mengadakan kopdar. Tak terkecuali Yogyakarta, kota yang menjadi awal berdirinya SIS ini pun juga menyelenggarakan kopdar miniatur. Dan namanya juga Yogyakarta, salah satu kota kreatif dan “selow” ini pun ngga hanya kopdar saja, melainkan rekreasi bareng yang bertajuk rekreaSIS, ya.. rekreasi bersama SIS.

Selain kopdar, moment kali ini pun bertepatan dengan launching kaos “mantan” yang…. sik, sik, sik, kok bahas mantan lagi?.. katanya ngg bakal bahas hal-hal yang berbau mantan, biar bisa move on. Jadi gini, dadi ngenee, kaos “mantan” yang modelnya diperankan oleh admin dari SIS yaitu Mas M. Arif Zhafran ini di desain dan di distribusikan untuk program charity SIS untuk support acara Jambore Nasional Small Is Sexy yang bakal diadakan di Bali, tepatnya tanggal 14-15 April 2017. Sebagian dari hasil penjualan digunakan untuk tambahan keperluan acara tahunan ini. Kaos “mantan” sendiri adalah salah satu bentuk respont kreativitas teman-teman SIS yang saat ini lagi marak bahas mantan. Yaa.. siapa tau mantan bakal jadi suka sama miniatur bis, inget miniaturnya lho :p

Nah, acara kopdar serentak kemarin pun berlangsung sangat meriah. Bahkan ada teman kita yang jauh-jauh dari Jakarta, Blora dan Ngawi untuk ikut kopdar serentak dan rekreaSIS di Yogyakarta. Ora ngiro atau ngga nyangka kalo ternyata armada yang kita gunakan untuk jalan-jalan ke GunungKidul adalah armada dari Rejeki Transport yang lagi ngehits dengan highdeck dan teloletnya. Di saat team Setra yang merupakan team yang bertugas untuk mempersiapkan acara ini kesulitan mendapatkan armada karena bersama dengan liburan sekolah, ternyata muncul keajaiban dengan hadirnya Scania K310 dengan balutan body SHD NewSetra nya.
Tepat pkl. 07.00 rombongan SIS Yogyakarta dan sekitarnya pun berangkat menuju tujuan pertama Goa Pindul Gunungkidul. Saatnya basah-basahan, makan-makan, senang-senang, pererat persaudaraan.
Dan dilanjutkan menuju tujuan kedua, yaitu Pantai Krakal GunungKidul dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1, 5 jam. Selama perjalanan, kita dihibur dengan beberapa video dokumentasi tentang Small Is Sexy sebuah komunitas yang memang disengaja tidak mempunyai ketua ataupun struktur kepengurusan, karena menurut mereka SIS adalah milik bersama. Ketika ada masalah, jalan “duduk bersama”, sharing, dan menentukan keputusan melalui kemufakatan bersama. Untuk itu, slogan “No Leader Just Together” mereka junjung tidak hanya sebatas slogan, namun juga tingkah dan perilaku keseharian di dalam komunitas.


Pkl. 13.00 sampailah di Pantai Krakal, dan menurut rencana ada dari beberapa media elektronik yang nantinya akan meliput kopdar serentak dan rekreaSIS kali ini. Setelah berbenah, mempersiapkan miniatur yang akan dipajang, saatnya menuju puncak Sarangan, sebuah tempat di atas bukit pantai Sarangan yang hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari pantai Krakal. Di tempat yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa itu kaos “mantan” resmi di launching serentak bersama dengan kota-kota lain di Indonesia.

Keindahan alam laut lepas yang menawan, dipadu dengan barisan miniatur bis menjadikan hari itu sangat berkesan dan memang sudah saatnya untuk lupakan “mantan” dan terus berkarya menjadi manusia yang berguna untuk semesta alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PO Raharja Bis Legendaris Yang Tinggal Kenangan

Great Panorama,  Versi Miniatur:  Buatan : Eddy Minitrans  Skala : 1:20  Speck : Standar  Lokasi : Jogjakarta  Sekilas tentang Great Panorama lahir sekitar tahun 94 Sampai Dengan 98, dengan Model varian, Seperti, Kepala Louhan, Kaca Segitiga, dan seperti Tourismo. Generasi Pertama ditahun 1994 yang lahir mirip Tourismo, di tahun berikutnya lahir model Kaca Segitiga mengadopsi body bus luar Neoplan N 516 starliner Br 235 dan terakhir Keluar adalah yang Model Kepala Louhan  Mari kita merefresh ingatan, dulu di tahun 1990-an sampai awal 2000-an siapa yang tidak mengenal PO. RAHARJA? Sebuah perusahaan Otobus yang bermarkas di Kulon Progo ini sempat menjadi penguasa jalur patas AC Jogja - Purwokerto.  Po Raharja pernah meramaikan jalur patas Jogja Purwokerto jauh sebelum Efisiensi, memakai body laksana Great panorama berchassis Hino RG 1 jska, PO Raharja sendiri memiliki beberapa Body Great Panorama dengan pilar segitiga u...

PO Baker, Kenangan Dalam Miniatur

Mengulas beberapa Karoseri, baik itu seputar body, mesin, trayek, sejarah atau kenangan bersama doi untuk menambah wawasan kita. PO Baker, Versi miniatur by: Kimiyanto Karoseri Skala : 1: 20 Speck: Kayu Triplek, Akrilik, Pintu bisa buka Lokasi : Yogyakarta Baker, Kenangan Dalam Miniatur  Baker merupakan singkatan dari Badan Kerjasama Ekonomi Rakyat yang didirikan tahun 1950. Bus jenis ekonomi ini trayek awalnya yaitu Jogja-Godean, namun semakin lama berekspansi menambah trayek Jogja-Kaliurang, Jogja-Purwokerto, Jogja-Cilacap, dan terakhir Jogja-Solo. Dari berbagai trayek Baker yang paling terkenal dan sudah jadi ikon Jogja adalah Trayek Jogja-Kaliurang dengan rute Terminal Umbulharjo (Sekarang XT Square) lalu finish di Terminal Tlogo Putri (Kaliurang). Dari beberapa pemain trayek Kaliurangan, Baker merupakan satu-satunya sosok Big Bus yang mendaki lereng Gunung Merapi. Walau sekarang sudah tidak beroperasi namun sosok Bus Baker selalu ada di benak...

Tips Sederhana dalam Membuat Miniatur

Langkah-langkah sederhana dalam membuat miniatur: Menyiapkan pola (jetbus, legacy, scorking, dll ), bs gunakan aplikasi computer : correl draw, AI, atau yg lainnya u mbuat pola. Jika pembuatan pola tidak menggunakan aplikasi computer, bisa pula dengan menggambar manual pada body yang akan dipotong Sesuaikan pola dengan skala yang diinginkan ( 1:14, 1:20, 1:18, 1:35 dll) U body dg bahan triplek disarankan u menggunakan melamin krn memiliki permukaan yang halus, tempelkan pola pd body u pemotongan Untuk body dengan bahan akrilik bisa memotong menggunakan cutter akrilik atau bisa dilaserkan Pembuatan body depan belakang, AC, dashboard, bisa dibentuk dengan mengukir, jika ingin memperbanyak gunakan silicon rubber, resin Perakitan, body samping, depan dan belakang, pastikan dirakit dengan siku agar body tidak miring/ tidak presisi Kasih dempul pada bagian yang belum rapat, biasanya pada sambungan body depan/belakang dengan body samping Kaca depan bisa menggunakan mika, bisa juga...