Langsung ke konten utama

Jambore Nasional SIS #2 Surabaya

Kesuksesan pelaksanaan Jamnas 1 membuat ekpetasi yang tinggi bagi keluarga SIS dan masyarakat umum pencita miniatur bis, hal ini bisa dilihat dari jumlah keikutsertaan yang meningkat 3 kali lipat. Tercatat 310 peserta dari seluruh pelosok tanah air turut meramaikan Jamnas 2 Surabaya. Pelaksanaan jamnas selain ajang silaturohmi juga menjadi ajang rekreasi bersama, tentu serukan dan akan sangat terasa kebersamaan yang dibangun. 


Hari minggu saat itu mulai dini hari Surabaya diguyur hujan yang cukup deras, rombongan pertama mendarat di Bungurasih pada malam hari yaitu dari SIS Bali. Terminal Bungurasih menjadi meeting point pertama pelaksanaan Jamnas. Setelah kontingen SIS Bali, pukul 04.30 datanglah gerombolan SIS Jogja dengan Banner fenomenal "Mantan Piye Kabare" maklum saja gerombolan ini mayoritas kaum jomblo, "terkadang ada perasaan rindu pada mantan miniatur kesayangan yang telah dimiliki orang" jare glewor. buahahaha

Setelah mengalami trobel di Jalan, akhirnya Gerombolan massa dari SIS Jakarta Raya mulai mendarat, datang dengan kekuatan penuh 2 unit armada dengan 3 aspeknya disusul Squad Cheng-cheng Po Semarang dan terplokonto dari Malang, ramailah suasana terminal Bungurasih pagi saat itu, dilanjut pembagian merchandise. Pukul 08.30 hujan pun mulai reda, seluruh peserta bersiap menuju venue 2 Museum Jalesveva Jayamahe.
Monumen Jalesveva Jayamahe menggambarkan seorang Perwira Menengah TNI AL berpakaian lengkap tenue PDU-I. Monumen ini dibangun terletak di bagian ujung barat Dermaga Madura ini juga dapat digunakan sebagai menara lampu pemandu (merkusuar) bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitarnya.Tinggi patung 31 meter berdiri di atas bangunan setinggi 29 meter. Pada dinding dibuat diorama sejarah kepahlawanan para pejuang bahari/TNI Angkatan laut sejak jaman sebelum revolusi fisik sampai dengan tahun 1990-an. Gedung ini sekaligus juga sebagai Executive Meeting Room. Tentu saja untuk bisa masuk ketempat ini bukanlah perkara mudah.... Standing Applaus buat panitia SIS Jatim :D



Di Monumen Jalesveva Jayamahe, seluruh peserta dibawa berkeliling menyusuri dermaga tempat banyak kapal perang bersandar, bahkan kitapun bisa melihat langsung gagahnya kapal dewaruci yang terkenal itu. di Monumen Jalesveva Jayamahe seluruh peserta berkesempatan menaiki kapal perang, wow amazing sebuah kesempatan yang langka tentu saja tida disia-siakan oleh peserta... cekrek-cekrek-cekrek hehehehe.....
Setelah dari museum perjalananpun akan dilanjutkan ke Madura untuk makan siang di Bebek Sinjay yang terkenal itu. Kitapun dibawa melintasi jembatan Suramadu yang berdiri dengan gagahnya. Bisa kebayangkan serunya, dan 310 orang tumplek di RM Bebek Sinjay... semprawut karna memang bersamaan dengan masyarakat umum, kayak nonton timnas berlaga hahaha.... tapi seru juga saat kita harus antri dan berjuang, tentu saja itu tidak akan sia-sia karna rasa menu dari bebek sinjay nya benar-benar nampar.... mantap... makyuss... pengen nambah hahahaha....Tak terasa waktu undah mulai sore, perjalananpun kami lanjutkan di RM Kokita untuk ceremony penutupan acara, pembagian doorprice dan goyang assolole...
Surabaya telah mampu mengoreskan tinta emas bagi perjalanan SIS, tentu saja butuh nyali yang berlebih untuk mengelar sebuah event akbar tahunan... menjadi harapan bersama setiap pelaksanaan event mampu menjadi inspirasi bagi daerah-daerah yang lain untuk terus berkarya... IKI SOEROBOYO REK..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PO Raharja Bis Legendaris Yang Tinggal Kenangan

Great Panorama,  Versi Miniatur:  Buatan : Eddy Minitrans  Skala : 1:20  Speck : Standar  Lokasi : Jogjakarta  Sekilas tentang Great Panorama lahir sekitar tahun 94 Sampai Dengan 98, dengan Model varian, Seperti, Kepala Louhan, Kaca Segitiga, dan seperti Tourismo. Generasi Pertama ditahun 1994 yang lahir mirip Tourismo, di tahun berikutnya lahir model Kaca Segitiga mengadopsi body bus luar Neoplan N 516 starliner Br 235 dan terakhir Keluar adalah yang Model Kepala Louhan  Mari kita merefresh ingatan, dulu di tahun 1990-an sampai awal 2000-an siapa yang tidak mengenal PO. RAHARJA? Sebuah perusahaan Otobus yang bermarkas di Kulon Progo ini sempat menjadi penguasa jalur patas AC Jogja - Purwokerto.  Po Raharja pernah meramaikan jalur patas Jogja Purwokerto jauh sebelum Efisiensi, memakai body laksana Great panorama berchassis Hino RG 1 jska, PO Raharja sendiri memiliki beberapa Body Great Panorama dengan pilar segitiga u...

PO Baker, Kenangan Dalam Miniatur

Mengulas beberapa Karoseri, baik itu seputar body, mesin, trayek, sejarah atau kenangan bersama doi untuk menambah wawasan kita. PO Baker, Versi miniatur by: Kimiyanto Karoseri Skala : 1: 20 Speck: Kayu Triplek, Akrilik, Pintu bisa buka Lokasi : Yogyakarta Baker, Kenangan Dalam Miniatur  Baker merupakan singkatan dari Badan Kerjasama Ekonomi Rakyat yang didirikan tahun 1950. Bus jenis ekonomi ini trayek awalnya yaitu Jogja-Godean, namun semakin lama berekspansi menambah trayek Jogja-Kaliurang, Jogja-Purwokerto, Jogja-Cilacap, dan terakhir Jogja-Solo. Dari berbagai trayek Baker yang paling terkenal dan sudah jadi ikon Jogja adalah Trayek Jogja-Kaliurang dengan rute Terminal Umbulharjo (Sekarang XT Square) lalu finish di Terminal Tlogo Putri (Kaliurang). Dari beberapa pemain trayek Kaliurangan, Baker merupakan satu-satunya sosok Big Bus yang mendaki lereng Gunung Merapi. Walau sekarang sudah tidak beroperasi namun sosok Bus Baker selalu ada di benak...

Tips Sederhana dalam Membuat Miniatur

Langkah-langkah sederhana dalam membuat miniatur: Menyiapkan pola (jetbus, legacy, scorking, dll ), bs gunakan aplikasi computer : correl draw, AI, atau yg lainnya u mbuat pola. Jika pembuatan pola tidak menggunakan aplikasi computer, bisa pula dengan menggambar manual pada body yang akan dipotong Sesuaikan pola dengan skala yang diinginkan ( 1:14, 1:20, 1:18, 1:35 dll) U body dg bahan triplek disarankan u menggunakan melamin krn memiliki permukaan yang halus, tempelkan pola pd body u pemotongan Untuk body dengan bahan akrilik bisa memotong menggunakan cutter akrilik atau bisa dilaserkan Pembuatan body depan belakang, AC, dashboard, bisa dibentuk dengan mengukir, jika ingin memperbanyak gunakan silicon rubber, resin Perakitan, body samping, depan dan belakang, pastikan dirakit dengan siku agar body tidak miring/ tidak presisi Kasih dempul pada bagian yang belum rapat, biasanya pada sambungan body depan/belakang dengan body samping Kaca depan bisa menggunakan mika, bisa juga...